Kudus, [15 September 2025] — Sebanyak 11 mahasiswa yang terdiri 9 perempuan dan 2 laki-laki Universitas Islam Negeri (UIN) SUKU (Sunan Kudus) resmi melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) pada pukul 12.30 WIB bertempat di aula kelas X Tahfidz. Pembukaan acara ini menjadi bagian penting dari program akademik yang bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa calon guru sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia pendidikan profesional.
Kegiatan PLP tersebut dihadiri oleh para guru serta dosen pembimbing lapangan yang mendampingi mahasiswa. Kehadiran mereka menjadi bentuk sinergi antara pihak sekolah dan perguruan tinggi dalam mewujudkan proses pendidikan yang berkualitas. Para Guru pembimbing juga memberikan pengarahan awal sebagai bekal bagi mahasiswa dalam menjalankan perannya di lingkungan sekolah.
Dalam sambutannya, Kepala MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, Bapak Imron Rosyidi, S.H.I., M.Pd., menyampaikan harapannya agar mahasiswa PLP UIN SUKU dapat menyesuaikan diri dengan baik selama berada di madrasah. “Kami berharap mahasiswa PLP UIN Sunan Kudus bisa mengikuti dan menyesuaikan kegiatan yang ada di Madrasah,” tuturnya. Beliau juga menegaskan bahwa pihak madrasah terbuka untuk mendukung penuh kegiatan pembelajaran mahasiswa selama menjalankan program PLP.
Sementara itu, dosen pembimbing lapangan, Ibu Taranindya Zulhi Amalia, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap visi dan misi madrasah yang dinilainya memiliki keunggulan tersendiri. “Di sini ada sesuatu yang berbeda dari visi-misi madrasah lain, setelah saya membacanya, yaitu ada kalimat berbasis teknologi, yang dimana nantinya para mahasiswa kami bisa mengaplikasikan teknologi dalam penerapan pembelajaran, dan ini menjadi peluang besar untuk melatih kemampuan mereka,” ungkapnya.
Selain itu, dosen pembimbing juga menekankan bahwa PLP bukan sekadar kegiatan formalitas, melainkan sarana penting bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan teori yang mereka pelajari di kampus dengan praktik nyata di sekolah. Mahasiswa diharapkan tidak hanya belajar mengenai proses pembelajaran di kelas, tetapi juga memahami manajemen pendidikan dan interaksi sosial di lingkungan sekolah.
Para guru di sekolah turut menyambut positif kedatangan mahasiswa PLP. Menurut mereka, kehadiran mahasiswa tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta PLP itu sendiri, tetapi juga mampu menambah semangat baru di lingkungan belajar. Guru berharap mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik dan memberikan kontribusi positif dalam proses kegiatan belajar mengajar.